Sabtu, 18 Oktober 2008

Positif-Negatif, Jaringan Internet

Internet, merupakan salah satu teknologi canggih yang menyajikan berbagai informasi. Dengan cakupannya yang luas, internet memberikan informasi yang sebagai besar bisa di akses melalui jaringan internet.
Perkembangan teknologi, dari tahun ke tahun akan memberikan pengaruh pada perkembangan pola pikir manusia. Perubahan pola pikir pada arah kemajuan ini akan terus menggali potensi, memudahkan sesuatu hal yang sulit, menginstankan suatu pekerjaan. Itulah kenyataan yang harus terus dihadapi.
Perkembangan ini, akan berubah ibarat kan bumi perkemahan global. Setiap kemah terbuat dari kaca bening yang dapat menerobos penglihatan tanpa ada halangan dan para penghuni pun tak mampu bersembunyi dari pandangan penghuni yang lain.
Itulah kemajuan ilmu pengetahuan informasi, yang telah mengiringi manusia menjadi suatu kesatuan, termasuk di dalamnya Internet. Internet menyajikan kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dan dalam waktu yang sangat cepat.
Namun demikian, internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat elakkan. Perkembangan pola kehidupan bergerak semakin cepat, siapa pun harus menerima dan mengikuti arus informasi sesuai dengan perkembangan zamannya.
Peranan ilmu pengetahuan melalui internet telah membuat dunia semakin menjadi sangat sempit seakan–akan tanpa batas, serta mampu membentuk opini dunia. Karena kemampuan yang dimiliki internet dapat menginformasikan berbagai peristiwa dunia secara terus menerus selam 24 jam.


Mulai dari pengusaha, pebisnis, pegawai sampai pada pelajar pun sangat membutuhkannya. Internet mempermudah akses informasi bagi para pebisnis. Pengusaha dalam berinteraksi antara produsen dan konsumen.
Pelajar juga akan lebih mudah mengakses ilmu-ilmu pengetahuan di dunia pendidikan sejagat raya. Pemerintah dapat berkomunikasi dan mencari jaringan setiap saat untuk menjalin hubungan antar negara di belahan dunia.
Bahkan masyarakat pun akan lebih mudah menyampaikan kritikan atas terhadap pemerintahan. Internet saat ini tidak lagi barang mewah, atau barang antik. Internet sudah menjadi menu budaya manusia sehari-hari.
Bila dapat mengejar dan mampu menguasainya, bahkan buta dan tak mampu menangkap arah zaman, niscaya kita akan menjadi sasaran gombalisasi mereka yang menguasai teknologi, dan akan dianggap gaptek.
Di samping memberi manfaat yang luar biasa pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi informasi juga menimbulkan berbagai ke tidak pasti-an, ke tidak stabilan dan berbagai macam penyakit masyarakat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, kekuatan dan pengaruh internet telah merasuki jiwa dan raga kita, merasuki budaya kita, watak dan pikiran.
Mereka menyalahkan gunakan fungsi teknologi yang berkembang saat ini. Dengan internet seorang dapat melakukan apa saja, kejahatan dalam bidang teknologi makin merajalela, budaya asing yang tidak normative mudah kita dapat, sehingga sangat mudah untuk mempengaruhi budaya lokal.
Dan akhirnya akan mengeliminasi budaya lokal dan lebih mengunggulkan budaya – budaya baru yang tidak normative. Dengan adanya internet saat ini generasi bangsa kita khususnya pemuda mengalami degradasi moral. Namun semuanya dikembalikan pada pola kehidupan yang membimbing generasi yang menggunakan media internet ini.
Media informasi yang akan memberikan pengetahuan dan menjadikan generasi muda sebagai generasi yang berpengetahuan luas dan mampu bersaing ditengah pegolakan global.(rta)


0 komentar: